SEKILAS PT MPPA
Didirikan pada tahun 1986, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) telah berhasil mengoperasikan sejumlah anak perusahaan yang terkait dalam berbagai bidang industri. Divestasi sejumlah aset non-inti pada akhir tahun 2012, mempersiapkan MPPA untuk menjadi peritel multi-format.
Pada tahun 2013, MPPA berhasil melakukan ekspansi gerai baru secara agresif dengan pembukaan 39 gerai baru untuk seluruh format. MPPA juga terdaftar sebagai Global Small Cap Outperformer oleh Morgan Stanley, yang merupakan pengakuan pasar internasional atas strategi bisnis dan keberhasilan Perseroan.
Di tahun 2014, MPPA melanjutkan ekspansi dengan membuka 45 gerai baru untuk semua format. Fokus utamanya adalah peluncuran generasi baru Hypermart G7 sebagai pencapaian penting untuk konsep hypermarket modern di Indonesia serta mengkontribusikan kinerja gerai yang lebih baik.
Di tahun 2015, MPPA memperluas jaringan gerainya dengan pembukaan 33 gerai baru Hypermart, Smartclub, Foodmart, Foodmart Primo, Boston Health and Beauty, dan FMX. Perseroan berhasil membuka 7 gerai Hypermart (4 format G7 dan 3 format reguler) dan merenovasi 8 gerai Hypermart. Foodmart juga berhasil ditingkatkan menjadi Foodmart Primo untuk memberikan pelayanannya pada konsumen kelas atas. Sebuah format dengan merek baru SmartClub diluncurkan untuk melayani pangsa pasar grosir yang luas di Indonesia.
PROFIL PT MPPA
MPPA melalui format Hypermart, SmartClub, Foodmart, Foodmart Primo, Boston Health & Beauty, dan FMX telah melakukan ekspansi di seluruh Indonesia. Gerai Perseroan telah tersebar luas di nusantara dari Binjai, Indonesia Barat sampai ke Jayapura, Indonesia Timur.
Dalam menghadapi kondisi makro-ekonomi yang sulit, MPPA merealisasikan dua pilar pertama dari strategi pertumbuhan melalui perluasan jaringan dan pembukaan format baru. Sebanyak 33 lokasi baru dibuka pada tahun 2015, termasuk 7 hipermarket, 2 supermarket, 9 gerai kesehatan dan kecantikan, dan 14 gerai convenience store. MPPA juga pertama kali secara resmi memasuki bisnis grosir dengan pembukaan SmartClub pada bulan Desember dan memusatkan bisnis perdagangan B2B-nya. MPPA mengoperasikan 293 gerai di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2015.
Perseroan melihat bahwa bisnis e-commerce sebagai peluang yang signifikan untuk memperluas jangkauan bisnis Perseroan ke seluruh nusantara selaku perusahaan ritel. Pendekatan MPPA ini akan menangkap potensi gaya hidup digital modern. Dengan banyaknya keuntungan dan manfaat yang ada, Perseroan melihat tren yang baik dari belanja online yang dilakukan oleh konsumen dan melengkapi belanja konvensional. Oleh karena itu, Perseroan berinvestasi dalam tahap awal kerjasama dan kepemilikan saham PT Global E-Commerce Indonesia (GEI), operator portal online e-commerce MatahariMall.com, yang memungkinkan MPPA berpartisipasi dalam potensi pertumbuhan pesat yang ditawarkan oleh segmen ini di seluruh negeri.
Perseroan berkeyakinan bahwa investasi kepemilikan saham dalam GEI dan kemitraan dengan MatahariMall.com bersamaan dengan peluang baru untuk mengembangkan komponen e-commerce O2O akan mendorong kenaikan penjualan dan laba yang signifikan di masa depan.
Dasar Hukum Pendirian
N/A
Kepemilikan
• N/A
Pencatatan di Bursa Saham
Tahun 1992 di Bursa Efek Indonesia
Kode Saham
MPPA
Modal Dasar
N/A
Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh
N/A
Jaringan Usaha
293 gerai di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2015
* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id